Cek Progress Anda
Klik Di sini

Pilih Rumah atau Apartemen? Beli Rumah Cibitung Dari Metland Bisa Jadi Solusi

rumah cibitung

Apabila ditanya tempat mana yang lebih nyaman ditinggali : rumah atau apartemen? Atau yang mana diantara keduanya yang bisa menjadi properti investasi yang lebih menguntungkan? Tentunya jawabannya tidak semudah yang Anda bayangkan karena setiap properti tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

 

Intinya, semuanya kembali kepada apa tujuan Anda, apakah hanya sebagai hunian atau investasi. Apabila lebih dominan untuk investasi, maka Anda harus mengetahui siapa yang akan menjadi target pasar dari investasi yang Anda miliki. Atau apakah Anda punya rencana investasi untuk jangka pendek ataukah jangka panjang terkait hal tersebut. 

Nah, supaya bisa memberikan gambaran kepada Anda untuk memilih mana yang benar-benar Anda inginkan, maka berikut kami akan membahas kelebihan masing-masing properti tersebut. Antara rumah atau apartemen, pilihan mana yang lebih nyaman untuk hunian dan investasi, maka semua kembali kepada kebutuhan dan tujuan Anda.

Kelebihan Memilih Rumah Sebagai Hunian dan Investasi

Beberapa kelebihan memilih rumah sebagai sebuah hunian yang layak ditinggali atau properti investasi yang nilainya menjanjikan adalah sebagai berikut.

 

  1. Dibanding apartemen, rumah dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan serta keinginan apalagi bila lahan yang ditempati lumayan luas. Sebaliknya jika lahannya sempit, maka untuk menambah ruangan, Anda bisa membangunnya secara vertikal.
  2. Apabila rumah yang ditempati memiliki kualitas yang maka saat ingin menyewakannya, itu bisa menaikkan harga sewanya, terutama bila rumah yang akan disewa berada dalam kompleks perumahan. Contohnya saja jika beli rumah di Metland Cibitung yang dikembangkan oleh PT Metropolitan Land, Tbk. (Metland).
  3. Ada banyak orang yang ingin memiliki rumah sebagai tempat tinggal mereka jadi kecenderungan rumah untuk lebih cepat terjual lebih tinggi dibandingkan apartemen.
  4. Umumnya harga tanah mengalami kenaikan yang signifikan setiap tahunnya meski memang nilainya tidaklah sama.
  5. Bank bisa lebih menerima bangunan seperti rumah untuk dijadikan sebagai jaminan dibandingkan dengan apartemen.
  6. Dalam jangka panjang, biasanya harga jual rumah lebih baik bila dibandingkan dengan harga apartemen.
  7. Harga sewa dan jual rumah tergantung dimana lokasi rumah itu berada. Makin strategis lokasinya, tentu harga jualnya pun makin mahal.

Kelebihan Memilih Apartemen Sebagai Tempat Tinggal dan Investasi

 

Dibandingkan rumah, apartemen juga memiliki beberapa kelebihan untuk dijadikan sebagai tempat tinggal bahkan investasi. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya!

  1. Apartemen mempunyai fasilitas lengkap, mulai dari : arena bermain, gym, kolam renang, dan lain-lain.
  2. Apartemen menawarkan privasi sehingga banyak penyewa lebih suka menganggap apartemen sebagai tempat tinggal dibandingkan kos maupun rumah.
  3. Umumnya apartemen memiliki kemudahan akses transportasi baik itu transportasi umum maupun jalan tol.
  4. Apartemen termasuk kedalam aset investasi yang paling dilirik banyak orang karena kenaikan harganya setelah serah terima lebih cepat dibandingkan rumah.
  5. Biasanya harga sewa apartemen lebih tinggi dibandingkan rumah apalagi bila Anda menyewakannya kepada ekspatriat dengan nilai mata uang asing.

Nah, setelah melihat kelebihan masing-masing antara rumah dan apartemen, sekarang Anda sudah memiliki gambaran mengenai keduanya. Lebih baik mana yang bisa Anda jadikan sebagai tempat tinggal bersama keluarga tercinta. Atau yang mana yang menawarkan nilai investasi lebih tinggi, rumah atau apartemen. 

 

Bila Anda lebih memilih apartemen, maka ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Diantaranya adalah bahwa pemilik apartemen tidak punya hak atas tanah gedung tempat apartemen itu berdiri. Selain itu, ada banyak apartemen yang dibangun di atas lahan yang berstatus Hak Pengelolaan Lahan (HPL) atau Hak Guna Bangunan (HGB). 

 

Tak hanya itu, biaya pemeliharaan apartemen termasuk iuran pengelolaan lingkungan-nya (IPL) juga cukup tinggi dan bisa menjadi beban pengeluaran apabila Anda belum mendapat penyewa. Belum lagi ada faktor lain seperti bank yang masih menganggap apartemen adalah aset yang kurang menarik untuk dijadikan sebagai jaminan. 

Karena itulah, Anda harus benar-benar berpikir mendalam tentang kira-kira di kawasan mana rumah atau apartemen yang akan Anda beli nyaman untuk ditinggali atau tetap bernilai investasi tinggi entah dalam lima, sepuluh, atau dua puluh tahun mendatang.

 

Dibangun dan dikembangkan oleh developer terkemuka dan terpercaya, Metland Cibitung ternyata tak hanya menawarkan untuk beli rumah Cibitung dalam banyak tipe dan variasi harga, namun juga membangun kawasan komersial seperti ruko di dalamnya. 

 

Jadi, tunggu apalagi! Segera hubungi kami untuk mendapat informasi lengkap terkait rumah atau apartemen impian Anda tersebut. Masih ragu? Coba baca dulu artikel kami tentang alasan mengapa harus membeli rumah dekat stasiun di Metland Cibitung

 

 

 

Artikel ini disunting tanggal 20 April 2022.